CoFest 2023, Upaya UPJ Siapkan Lulusan Kreatif, Siap Kerja, dan Berdaya Saing Global

Bintaro, Tangerang Selatan – 8 Maret — Pergelaran Collaboration Festival (Cofest) 2023  merupakan acara tahunan, yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Pembangunan Jaya (UPJ) pada Senin (20/2/2023) sampai Jumat (3/3/2023) berhasil menjaring 3.000 peserta dari seluruh Indonesia.  Mengingat wabah Covid-19 sudah kian mereda, CoFest 2023 kembali diinisiasi dan dihelat oleh Prodi Ilmu Komunikasi UPJ secara tatap muka setelah dua tahun lalu dilaksanakan secara virtual. Mengusung tema ““Suara Jiwa 90-an” dengan tagline “Generasi Vokal Lebih Berakal”, CoFest UPJ 2023 diadakan dengan tujuan menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi dan ide-ide kreatif serta inovatif. 

Acara seremonial  resmi dibuka oleh Bapak Ir. Frans Satyaki Sunito, Presiden UPJ beserta civitas akademik UPJ  melalui  pemukulan gong. Secara garis besar, CoFest UPJ 2023 terbagi menjadi tiga acara, yaitu dua sesi seminar, perlombaan, dan closing ceremony.  

Sesi seminar pertama bertajuk "Film Lokal Lebih Vokal,” dengan menghadirkan sejumlah tokoh pelaku industri perfilman ternama diantaranya Fadi Iskandar, Umar Setyadi, dan Chiskaa Doppert. Dalam sesi seminar tersebut, Fadi Iskandar berkesempatan membagikan pengalamannya dan tak lupa memuji kegiatan Cofest 2023.

"Dari tahun ke tahun acara ini selalu luar biasa. Dari segi promosi dan kreatifitas sangat keren. Tak disangka, lebih dari 320 peserta hadir dan dapat berafiliasi dengan berbagai pihak yang mendukung keberlangsungan acara ini,'' ujar Fadi.

Pada hari kedua  penyelenggaraan CoFest UPJ 2023, Prodi Ilmu Komunikasi kembali menghelat seminar dengan topik pembahasan yang tak kalah menarik. Seminar bertajuk "Konten Kreator, Sekadar Hobi atau Bisa Jadi Profesi?” yang membahas prospek karrier content creator. Sara Wijayanto, Demian Aditya, Wisnu Hardana, dan Fadi Iskandar yang merupakan kru youtube channel Diary Misteri Sara (DMS) turut hadir sebagai pembicara.

Dalam kesempatan tersebut, Sara Wijayanto, menuturkan apresiasi kepada UPJ atas undangannya saat berbagi pengalaman inspiratif ketika mulai merintis channel youtube "Diary Misteri Sara (DMS)" dari nol.

"Suatu kehormatan bagi saya diundang untuk sekian kalinya sebagai pembicara di CoFest 2022. Sebuah ajang penting yang dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dalam industri kreatif dan dunia akademik yang banyak mengupas seluk beluk konten kreatif dan strategi jitu jadi content creator. Acaranya seru dan menarik, terimakasih atas undangannya khususnya bagi seluruh civitas akademik Prodi Ilmu Komunikasi UPJ dan panitia Cofest 2023,'' ujarnya.

Demian Aditya, pembicara dari DMS yang juga turut berbagi pengalaman mengenai misinya dalam mengembangkan channel youtube menambahkan, '"Harapan saya semoga di tahun-tahun selanjutnya, acara CoFest dapat menghadirkan narasumber dari bidang lain diluar industri film dan konten digital. Jadi, tidak hanya bidang content creator tetapi juga semua bidang pekerjaan ataupun profesi baru lainnya dibidang industri kreatif yang bisa dijadikan ide untuk konsep acara CoFest ke depannya,” ucap Demian Aditya.

Bertempat di Jogging Track Bintaro Jaya Xchange Mall seluruh rangkaian acara CoFest UPJ 2023 ditutup dengan sajian hiburan dari featuring band Reality Club dan Oom Leo Berkaraoke serta penampilan dari mahasiswa/i UPJ jurusan Ilmu Komunikasi yang diwakili oleh Cempaka (pernah menjuarai kompetisi musik nasional) dan alumni UPJ, Alifvianto Marchiano, mantan finalis X-Factor dan Indonesian Indonesia yang membawakan lagu "Berharap Kau Kembali (Story Art)" pada Jumat (3/03/2023) lalu.

“Seru banget, ga ekspek bakal sebanyak itu orangnya dan nyanyi sing along semua, we so really fun dan sangat bersinergi”ujar Reality Club .

Guest star kedua CoFest 2023 yaitu Oomleo Berkaraoke juga berterimakasih karena sudah diundang ke CoFest dan juga antusias warga Bintaro. OomLeo juga menyampaikan harapannya terhadap CoFest selanjutnya, “Thankyou banget udah diundang ke CoFest, seru banget semuanya antusias temen – temen bintaro juga luar biasa semuanya semangat, acaranya juga seru, sukses, keren pokoknya salut buat temen – temen CoFest, mungkin lebih gede dan bikin festival 4 hari hehe, biar lebih seru lagi yang datang dan lebih ramai”

Sebagai informasi, CoFest UPJ 2023 merupakan versi baru dari acara sebelumnya yang bernama Communication Festival (Commfest) UPJ. Commfest merupakan acara tahunan yang diselenggarakan prodi ilmu komunikasi UPJ. Kegiatan ini pertama kali diadakan pada 2016 dengan tema “Super Entrepreneur”. Pada 2017, terdapat dua rangkaian Commfest, yaitu “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS)”. Rangkaian acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan prodi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi UPJ. Kemudian, pada 2018, Commfest diadakan dengan tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (Credit Title)”. Pada 2019, Commfest berganti nama menjadi CoFest. Bertemakan “Spirit of Millennials and Gen Z”, CoFest perdana dilaksanakan di Bintaro Jaya Xchange Mall dan dihadiri oleh lebih dari 5.000 penonton.

Melalui bergaram kegiatan yang telah dilaksanakan, UPJ berkomitmen untuk memperlengkapi mahasiswa agar tumbuh menjadi manusia 'Jaya' yang unggul, baik dari akademis, non akademis juga berjiwa enterpreneur, serta mendorong mahasiswa untuk terus mengembangkan potensi terbaik dan mampu menuai prestasi sejak masa kuliah.

Bagi siswa dan siswi SMA kelas 12, jangan ragu untuk bergabung bersama UPJ dengan memanfaatkan berbagai promo potongan biaya uang pangkal dan program beasiswa Jaya hingga 100%. Untuk informasi pendaftaran, dapat menghubungi admisi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPJ dinomor +62812-1295-3000 atau dapat langsung mendaftar di situs ini