INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Selesaikan Asesmen Penuh BNSP, Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Pembangunan Jaya (LSP UPJ) Siap Menerima SK Lisensi

25 February 2022

Perjalanan panjang proses pengajuan lisensi LSP UPJ dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) akhirnya menuju tahap akhir. BNSP telah melakukan asesmen penuh terhadap permohonan lisensi LSP UPJ pada tanggal 25 Febuari 2022 pada hari Jumat. Asesmen penuh tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Kunjung Masehat, Ketua BNSP. Beliau juga yang membuka pelatihan Asesor Kompetensi untuk Asesor Internal LSP UPJ pada bulan Desember 2021 lalu.

“Ini sudah tahapan terakhir dari keseluruhan proses untuk LSP UPJ mendapatkan lisensi dari BNSP. Sesungguhnya setelah tahapan ini, lisensi sudah akan diterbitkan tetapi proses serah-terimanya diakukan setelah kegiatan full assessment dilakukan. Dengan 9 skema yang diberikan Kepada LSP UPJ sesuai dengan program studi yang dimiliki, Sehingga nantinya LSP UPJ sudah bisa melaksanakan sertifikasi kompetensi atas nama BNSP.” Begitu disampaikan Bapak Kujung Nasehat pada sambutan sekaligus membuka sesi Asesmen Penuh.

Terdapat 9 skema yang sudah divalidasi oleh BNSP untuk diselenggarakan di LSP UPJ, yaitu (1) skema teknisi akuntansi; (2) skema sistem manajemen hubungan pelanggan; (3)skema manajemen sumber daya manusia; (4) skema asisten psikolog; (5) skema programmer; (6) skema network designer; (7) skema desain kemasan junior; (8) skema pelaksana kegiatan HUMAS; (9) skema penulisan naskah program televisi. Sembilan skema ini berdasarkan program studi yang ada di UPJ. UPJ sudah siap dan akan segera menjalankan LSP UPJ begitu SK Lisensi sudah dikeluarkan oleh BNSP karena UPJ memiliki 18 asesor kompetensi yang sudah tersertifikasi sebagai asesor kompetensi dari BNSP.

“LSP UPJ ini benar-benar diharapkan akan menunjukkan kinerja yang baik dan melahirkan sumber daya Manusia yang kompeten sesuai dengan Visi dan Misi dari LSP dan UPJ.” Demikian disampai Leenawaty Limantara, PH.D, selaku Rektor Universitas Pembangunan Jaya.

Pendirian LSP UPJ adalah untuk mendukung Visi Universitas Pembangunan Jaya, yaitu memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan dan pelopor kesejahteraan. Sertifikasi Profesi dari BNSP akan memberikan jaminan kompetensi teknis bagi lulusan Universitas Pembangunan Jaya yang legalitas pengakuannya pada level nasional. Setiap lulusan UPJ selain memiliki ijazah akademik juga memiliki pendamping ijazah, yaitu sertifikat kompetensi teknis pada bidang ilmu/keahliannya masing-masing yang pengakuannya berasal dari pemerintah (BNSP). Sertifikasi kompetensi ini akan menjadi keunggulan bersaing bagi lulusan UPJ untuk mencari pekerjaan. UPJ dengan dukungan dari LSP UPJ siap berkontribusi membangun sumber daya manusia Indonesia yang kompeten!