INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Archworks 4: The Story of The Land

17 February 2020

Mahasiswa prodi arsitektur Universitas Pembangunan Jaya, pada tanggal 12 Februari 2020 kemarin membuka acara Archworks 4 yang bertemakan “The Story of The Land” di Aula Lantai 3 dengan pertunjukkan tarian dan video pendukung yang meriah. Tarian tersebut menggambarkan maksud dari tema yang diangkat dari acara ini yaitu Sustainable. Pada awalnya tarian tersebut diiringi musik ceria yang menggambarkan keindahan dan kecintaan kita sebagai warga negara Indonesia akan alam yang kita punya, tetapi, lagu tersebut berubah menjadi dramatis ketika banyaknya arsitektur dan pembangunan yang terjadi sehingga alam kita mulai menghilang secara perlahan. Dengan begiitu juga berdampak kepada lingkungan kita seperti adanya banjir, kebakaran hutan dan lain-lain. Tetapi semua masih dapat kita ubah bersama dengan menerapkan sustainability concept dalam kehidupan kita, terutama kami sebagai calon arsitek. Pembukaan acara ini juga dimeriahkan dengan beberapa sambutan yang dibawakan oleh ketua acara Archworks 4 (Hanif Husyairi), ketua himpunan Himaraskasa, Kepala Prodi Arsitektur, Kepala Dekan FTD dan juga Ibu Rektor Universitas Pembangunan Jaya. Pengesahan acara ini dilakukan dengan pemukulan gong yang diwakili oleh Ibu Rektor Universitas Pembangunan Jaya.    

Kegiatan setelah pembukaan yang meriah tersebut dilanjutkan dengan acara seminar yang bertemakan ‘Better Future with Sustainable Architecture’ yang dimoderatorkan oleh Bapak Sahid, dosen prodi arsitektur dan oleh kedua pembicara yang ahli dalam bidangnya yaitu Adi Wibowo dan Budi Pradono. Seminar ini sangat antusias didengarkan oleh peserta seminar dari berbagai macam instansi dan juga dari sekolah yang kami undang. Seminar ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat bagi moderator dan juga kedua pembicara oleh kepala prodi arsitektur. Selanjutnya, acara ini di-akhiri dengan foto bersama. Bersamaan dengan dilaksanakannya opening dan seminar di aula, kegiatan lain yang dilaksanakan adalah lomba mural dan pengumpulan karya lomba fotografi, sketsa dan juga campaign video yang bertempat di lantai dasar Universitas Pembangunan Jaya. Kegiatan lainnya yaitu Live Music yang dilaksanakan di lobby Universitas Pembangunan Jaya.

Selanjutnya pada tanggal 14 februari 2020, kami mengadakan pameran yang bertempat di M Bloc Space Mata Lokal. Pameran tersebut merupakan instalasi yang buat oleh panitia sesuai dengan tema acara Archworks 4 dan juga memamerkan beberapa karya mahasiswa arsitektur Universitas Pembangunan Jaya. Dalam pameran ini bertujuan untuk menyampaikan proses perjalanan sebuah lahan yang sebelumnya merupakan lahan hijau yang semakin lama menyusut dikarenakan pembangunan yang semakin pesat. Dengan begitu, untuk menyadarkan masyarakat tentang perlunya menerapkan sustainability dalam segala aspek kehidupan untuk memperbaiki dan mengurangi kerusaan lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan manusia. Kegiatan ini berjalan selama tiga hari yang berakhir di hari minggu tanggal 17 februari 2020. Pameran Archworks ini didatangi sebanyak 1500 orang pengunjung dari berbagai macam latar belakang, dan juga daerah.

Kegiatan terakhir, yang juga menjadi penutupan acara Archworks 4 adalah Awarding Night yang dilaksanakan pada 21 Februari 2020 di Plaza Bodhi Universitas Pembangunan Jaya. Acara tersebut dimeriahkan oleh penampilan sambutan dari wakil ketua Archworks 4, sambutan dari Kepala Prodi Arsitektur, bintang tamu, bazaar dan juga pengumuman pemenang lomba-lomba yang sudah ditentukan. Bintang tamu yang kami undang ada musik band The Afternoon Diary, Rumah Tua, Saturnians, Psycho Mission, Hagara, dan Partitunes. Pengumuman pemenang lomba dimeriahkan pemberian hadiah, sertifikat dan juga piala Archworks 2. Setelah itu acara ditutup dengan penampilan bintang tamu yang terakhir dan foto bersama panitia Archworks 4.