INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Sewindu UPJ, Bakti Bagi Negeri

27 August 2019

Sabtu (24/8) menjadi hari yang bersejarah bagi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). UPJ meluluskan 150 wisudawannya pada Wisuda Sarjana ke-5 yang juga bertepatan dengan Dies Natalis ke-8 di Bintaro. Pada usia kedelapannya, UPJ sudah meluluskan manusia – manusia jaya yang berkontribusi aktif bagi pembangunan Indonesia. Pada Dies Natalis ke-8 ini, UPJ mengambil tema “Bakti Bagi Negeri”. Tema ini adalah implementasi dari motto UPJ, “Integrity, Professionalism, and Entrepreneurship”. “Bakti Bagi Negeri” juga hadir untuk menyikapi fakta dan data terkait kemajuan individual, organisasi sampai level negara ditentukan oleh peran kita sebagai warga negara yang baik. Manusia jaya, sebagai warga negara yang baik artinya berperan aktif, mengerjakan panggilan hidup dengan penuh tanggungjawab dan totalitas, sehingga hidup kita dapat bermakna, dirasakan, dan diakui masyarakat.

Selain itu, selama delapan tahun berdirinya UPJ, sejak 2011 silam, keunggulan – keunggulan komparatif turut mendukung UPJ terus berinovasi. Hasilnya, UPJ selalu berhasil memperbaiki rangkingnya setiap tahun, terakhir peringkatnya naik 19 poin dari 234 ke 215 versi unirank di tingkat nasional. UPJ juga berhasil mendapatkan akreditasi B dengan 345 poin untuk institusinya.

Rektor UPJ, Leenawaty Limantara, menegaskan hal ini dalam pidato akademiknya, “Manusia adalah masterpiece dari Tuhan, mahluk yang diciptakan dengan akal dan budi. Selalu ada jalan untuk menyelesaikan masalah guna menolong orang – orang di sekitar kita dengan mendayagunakan potensi yang ada di dalam diri kita masing – masing.” Jelasnya.

Keunggulan – keunggulan komparatif UPJ untuk mewujudkan nilai – nilai Jaya dan motto UPJ ini terlaksana dengan adanya program – program unggulan. KOTA (Kelas Open To All), Jaya Softskills Development Program (JSDP), Jaya Launch Pad (JLP), Pembangunan Jaya Center for Urban Studies (PJCUS), dan kurikulum – kurikulum khas program studi yang berorientasi pada kajian – kajian masyarakat urban. Program – program tersebut adalah penyokong para mahasiswa UPJ agar dapat terus meningkatkan kemampuan mereka lintas jurusan hingga menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sesuatu yang menjadi kekhasan dari seorang Manusia Jaya. Harapannya, saat mereka lulus dan telah menjadi alumni, mahasiswa akan terus menjadi pembelajar seumur hidup.

UPJ memiliki 10 buah program studi yang berada di bawah naungan 2 fakultas, Fakultas Humaniora dan Bisnis (FHB) serta Fakultas Teknologi dan Desain  (FTD). Akuntansi, Manajemen, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi, adalah program – program studi di bidang humaniora dan bisnis. Sedangkan Sistem Informasi, Teknik Informatika, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Teknik Sipil, dan Arsitektur berada dalam rumpun teknologi dan desain.