INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Dengan Hibah Simlibtamas, UPJ Memberikan Pelatihan Teknologi Digital di RPTRA Permai Bintaro

08 July 2019

Tim dosen Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) berhasil mendapatkan dana hibah Simlibtamas dari Kementerian RISTEKDIKTI untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) tahun 2019. Tim dosen tersebut diketuai oleh Nur Uddin, PhD dari program studi Informatika dan beranggotakan Safitri Jaya, MTI dari program studi Informatika dan Pandu Purwandaru, PhD dari program studi Desain Produk Industri. 

Wujud nyata kegiatan PKM ini salah satunya dilaksanakan bersama dengan pengelola RPTRA Permai yang diketuai oleh Ibu Saidah Farida sebagai mitra kegiatan. RPTRA Permai merupakan ruang publik terpadu ramah anak yang terletak di Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Tema kegiatan PkM ini adalah Pelatihan Teknologi Digital sebagai Pengenalan Revolusi Industri 4.0 kepada Remaja. Revolusi industri 4.0 merupakan suatu perubahan perilaku kegiatan industri, bisnis dan kehidupan sosial yang terjadi karena dominasi penggunaan internet sehingga semuanya saling terkoneksi.  Teknologi yang digunakan dalam industri 4.0 yang dikenal sebagai teknologi 4.0. Pada teknologi 4.0, semua peralatan atau sistem saling terkoneksi melalui internet yang dikenal sebagai  internet of things (IoT). 

Kegiatan PkM ini bertujuan untuk mengenalkan revolusi industri 4.0 tersebut kepada generasi muda dan memberikan pelatihan dasar mengenai teknologi 4.0. Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara intensif selama 5 hari pada tanggal 8-12 Juli 2019 dari pukul 8.30-15.30 di RPTRA Permai dan diikuti oleh 20 peserta. Peserta tersebut merupakan para remaja pelajar SLTA yang tinggal di sekitar RPTRA Permai. Pelaksanaan kegiatan meliputi: seminar mengenai revolusi industri 4.0, pelatihan dasar pemrograman C++, pelatihan mikrokontroller (Arduino), dan pelatihan robotik. 

Kegiatan PKM ini diawali dengan seminar mengenai revolusi industri 4.0. Seminar ini memberikan pengenalan mengenai sejarah revolusi industri yang pertama hingga yang keempat beserta teknologi yang mendominasinya. Dari seminar tersebut, para peserta memahami bahwa perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya revolusi industri. Para peserta juga mulai mengenal istilah IoT dan pengertiannya. Setelah seminar tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan membarikan pelatihan bahasa pemrograman komputer. Para peserta dikenalkan dan diajarkan cara membuat sebuah program menggunakan bahasa pemrograman C++.  Bahasa pemrograman C++ ini akan digunakan untuk membuat program di mikrokontroller dalam pelatihan selanjutnya. Setelah para peserta mengenal bahasa pemrograman menggunakan C++, para peserta kemudian dikenalkan dengan mikrokontroller yaitu Arduino. Para peserta diajarkan menulis program untuk membuat aplikasi menggunakan Arduino, seperti: lampu berkedip, alat pengukur jarak, dan lampu otomatis. 

Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan robotik. Dalam pelatihan robotik ini, para peserta diajarkan cara membuat robot mulai dari sistem mekanik robot, sistem elektrik robot, membuat program untuk menjalankan robot, dan membuat aplikasi di smartphone untuk mengendalikan robot. Robot yang dibuat telah dilengkapi dengan teknologi 4.0 dimana robot terkoneksi dengan internet melalui WiFi sehingga robot dapat dikendalikan dari  smartphone melalui jaringan internet.