INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Berkebun Vertikal Bersama Warga Komplek Villa Mutiara, Ciputat, Tangerang Selatan

21 June 2019

Setelah sebelumnya sukses mengajak warga Komplek Villa Mutiara, Ciputat, pada Minggu (19/05) untuk membuat lubang biopori dan Sumur resapan, kini mahasiswa dan dosen Prodi Arsitektur dan Teknik Silpil Universitas Pembangunan Jaya kembali menumbuhkan antusiasme warga untuk berpartisipasi lebih lanjut terhadap kelestarian lingkungannya. Kali ini UPJ menggandeng warga dalam Program Pengabdian Masyarakat untuk membuat kebun vertikal di lingkungan komplek untuk mengatasi keterbatasan lahan untuk berkebun di daerah kota.

Dalam membuat kebun vertikal, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, kami memulainya dengan diskusi bersama warga melalui Focus Grup Discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan kegiatan yang tepat sasaran. Setelah disepakati bersama untuk pembuatan kebun vertikal untuk memaksimalkan kompos organik yang dimiliki warga, kami lanjutkan dengan kegiatan pembuatan Istalasi dari media tanam vertikal.

Terdapat enam jenis material instalasi yang akan dibuat, yakni talang, pipa paralon, bambu, kayu, botol bekas, dan wiremesh. Mahasiswa UPJ membuat prototype dan instalasi setengah jadi di Kampus UPJ di Jalan Cendrawasih Raya yang kemudian prototype tersebut dipasang di Komplek Villa Mutiara oleh warga.

Sementara proses menyemai dilaksanakan bersama-sama dilakukan tepat ketika bulan Ramadhan dengan dibantu oleh para mahasiswa. Proses menyemai sebenarnya tidak hanya sampai penanaman benih saja, tetapi juga memindahkan bibit yang sudah disiapkan sebelumnya oleh tim dari UPJ, dari wadah kecil ke instalasi. sedikit juga yang memberi saran terkait material instalasi, benih tanaman, serta kebutuhan nutrisi tanah. Dengan material instalasi yang murah dan mudah didapatkan, warga pun tergerak untuk bercocok tanam menggunakan bahan sekitar dan meningkatkan penghijauan di sekitar tempat tinggalnya.