INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Perpustakaan UPJ Meraih Aakreditasi "A" dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N)

13 February 2020

Akreditasi merupakan sebuah jaminan mutu yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) berhasil menutup tahun 2019 dengan meraih Akreditasi ‘A’ yang didapatkan oleh Perpustakaan. Perpustakaan UPJ yang terletak di gedung B lantai 4 ini, berhasil mendapatkan nilai akreditasi dengan predikat A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penilaian ini didapatkan berdasarkan hasil evaluasi dan visitasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N) yang menilai bahwa Perpustakaan UPJ telah sesuai dengan standar Perpustakaan Nasional.

Awal visitasi Perpustakaan UPJ dilakukan dengan proses Pra-Akreditasi yang dilaksanakan pada tanggal 13 September 2019. Pra-Akreditasi adalah kegiatan pendampingan akreditasi perpustakaan yang bertujuan memberikan workshop pelatihan teknis pengelolaan perpustakaan untuk persiapan akreditasi Perpustakaan UPJ. Visitasi Pra-Akreditasi Perputakaan UPJ dilaksanakan oleh Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib dan Drs. Supriyanto, M.Si yang mewakili dari Perpustakaan Nasional RI , serta Suredati, S.Sos, M.Si dan M. Iwan Irawan, S.Sos yang mewakili pendampingan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

Tujuan diadakannya kegiatan Pra-Akreditasi untuk mengetahui kesiapan Perpustakaan UPJ untuk menghadapi visitasi akreditasi sebenarnya oleh asesor yang ditunjuk LAP-N, agar Perpustakaan UPJ memiliki kesempatan untuk memperbaiki kekurangan dokumen maupun fisik. Pendamping dari Perpustakaan Nasional dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten memiliki tugas memberikan arahan dan penilaian sementara kepada Perpustakaan UPJ, penilaian sementara itu dikeluarkan berdasarkan visitasi saat itu dan standar mutu yang telah ditetapkan Perpustakaan Nasional.

Setelah proses Pra-Akreditasi selesai, maka tahap berikutnya adalah visitasi atau kunjungan oleh asesor. Visitasi Akreditasi Perpustakaan UPJ dilaksanakan pada tanggal 15 November 2019 oleh asesor Agung Sujatmiko, SH, M.Si dan Muh. Ihsanuddin, M.Hum dengan asesor pendamping akreditasi Suredati, S.Sos, M.Si dan M. Iwan Irawan, S.Sos. Proses visitasi yang berlangsung selama satu hari tersebut terlaksana dengan baik lancar dan memberikan hasil yang memuaskan berkat kerja keras tim perpustakaan yaitu Pak Kisman, S.IP dan Mas M. Syafiq Kumala Putra, S.IP, serta dibantu oleh berbagai unit lainnya di UPJ.

Tujuan diadakannya akreditasi perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi adalah untuk mengetahui apakah penyelenggaraan perpustakaan telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, yaitu berdasarkan koleksi, sarana dan prasarana, layanan, penyelenggaraan dan pengelolaan, sumber daya manusia dan penguatan dalam menopang peningkatan kelancaran Tri Dharma perguruan tinggi. Dengan mendapatkan predikat A, Perpustakaan UPJ memiliki wewenang untuk menjadi pembina bagi perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi lainnya yang masih membutuhkan binaan untuk mencapai akreditasi dengan predikat A.