INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Profil Alumni: PLAY HARD WORK HARD !!

31 December 2019

Halo semua! Nama saya Liana. Saya adalah alumni Universitas Pembangunan Jaya lulus tahun 2017 dari Program Studi Ilmu Komunikasi. Saat ini saya bekerja di WebTVAsia sebagai Marketing Communication Manager yang bertanggung jawab sebagai Decision Maker dan Creative Planner untuk segala konten dan digital planning antara klien WebTVAasia dan penonton WebTVAsia. WebTVAsia sendiri adalah perusahaan digital entertainment dan agency yang memproduksi, mempromosikan dan membuat digital plan campaign untuk Key Opinion Leader, Brand & Communities. Di sini kami menaungi para Youtubers seperti Raditya Dika dan lain-lain. Pekerjaannya sangat hectic, tiring, but still fun! 

Awalnya saya memiliki pengalaman kerja pada saat magang (Kerja Profesi) di GO-JEK. Saat itu saya benar-benar merasakan "how to work in a real office". Waktu itu tahun 2016, dan saya bergabung dengan tim GO-MART, salah satu layanan GO-JEK di bidang delivery goods and market. Saya ditempatkan dalam tim sosial media mereka. Pekerjaan saya sehari-hari ya membuat konten, shooting video, dan menulis artikel untuk meningkatkan popularitas GO-MART.  

Usai magang, saya langsung mulai mengerjakan skripsi. Naahh .. pada saat mulai menulis skripsi ini, saya juga mulai menyebar CV, karena saya sadar, mencari pekerjaan itu tidak mudah. Kita harus benar-benar aktif dan agresif untuk menyebar CV. Beruntung sekali sebelum sebelum wisuda saya dipanggil untuk Interview di WebTVAsia Indonesia. Saya sangat bersyukur pada Tuhan, mungkin pada saat itu saya memang  lagi jodoh sama WebTVAsia, jadi langsung merasa klik dan berjodoh kerja di sini. 

Dulu di perkuliahan kita juga sering ikutan berbagai seminar, diskusi kasus, dan diskusi dengan kelompok lain. Waktu itu saya kira diskusi seperti ini akan percuma saja. Tapi ternyata studi kasus tersebut benar-benar terjadi di pekerjaan nyata hehe ... jadi saya tidak kaget lagi ketika menemui banyak kasus nyata di lapangan. 

Saya dulu juga aktif di HIMAKOM. Kami punya event tahunan yang saya pribadi sudah ikut di dalamnya hingga 4 kali. Kita juga mengadakan charity event yang bentuknya adalah Running event with communities. Iniiii.... capeknya luar biasa. Pada awal ikut event ini, saya sama sekali tidak tertarik pada bidang lari dan olahraga. Tapi setelah ikutan dan kenalan sama komunitas lari, ternyata mereka fun banget dan saya jadi suka ikutan acara lari. Di HIMAKOM, kami juga sering bekerja sama mengadakan acara-acara pensi dengan kampus-kampus lain. 

Emang ada manfaatnya sibuk dengan berbagai kegiatan kampus???? Jawabannya beneran deh! Being active at campus was truly an important experience! Kenapa? Karena kita bisa terjun langsung ke lapangan. Bersyukurnya di UPJ, kita diberi fasilitas untuk terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan berbagai pihak. Sekarang ketika saya harus berurusan dengan klien maupun pihak-pihak lain semua menjadi terasa mudah, karena sudah terbiasa. 

Pesannya sih, jangan males buat cari ilmu. Cari ilmu tidak hanya di dalam kelas perkuliahan, cari ilmu itu tidak selalu membosankan loh! Mengikuti berbagai event asyik di kampus atau di tempat lain juga bisa menjadi wadah kamu untuk belajar langsung. Perhatikan juga, bagaimana cara mereka berpromo, cara mereka membuat strategi bisnis, dan lain-lain. Itu sudah salah satu bentuk mencari ilmu loh! Explore "viral content" di sosial media juga bisa menjadi bahan belajar, bukan sekedar hiburan saja. 

 

Read more http://upj.ac.id/static-page/97/urbanites-edisi-4