INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

QnA Psikologi: Galau dalam Memilih Jurusan Kuliah

18 December 2019

PERTANYAAN:

  1. Saya siswa SMA yang sedang bingung menentukan jurusan kampus yang saya inginkan. Selama ini saya menguasai pelajaran-pelajaran di sekolah yang berhubungan dengan matematika dan fisika. Namun di luar itu saya juga suka menggambar dan tertarik untuk menjadi ilustrator. Baiknya bagaimana ya agar saya tidak salah memilih jurusan?
  • Riska, SISWI SMA kelas 12

 

JAWABAN:

Dear Riska, terima kasih untuk pertanyaannya.  Pada masa SMA memang sangat penting untuk merencanakan pendidikan lanjut yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat kita. Riska sendiri memiliki bakat pada bidang matematika dan fisika. Dalam hal ini bakat merupakan kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih dapat dikembangkan. Kamu juga memiliki minat dalam bidang seni, dalam hal ini minat dapat dijelaskan sebagai kesukaan atau ketertarikan pada sesuatu. Namun perlu diingat bahwa bila seseorang berminat pada suatu hal tertentu, belum tentu ia memiliki bakat atau keterampilan pada bidang itu. Dalam hal ini Riska juga perlu mempertimbangkan minat dan bakat kamu. Hal tersebut sangat berkaitan dengan perencanaan karier dan masa depan. Untuk mengetahui jurusan apa yang sesuai, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi dan bidang yang dikaji oleh jurusan tersebut. Kamu juga dapat bertanyanya pada kakak atau saudara yang sudah berkuliah, bahkan bisa mencari di internet. Saat ini sudah banyak universitas yang menyediakan informasi mengenai program studi yang dibuka. Dari informasi tersebut anda dapat mendapatkan pemahaman mengenai bidang studi yang anda minati berkaitan dengan bakat dan minat anda. Untuk mengetahui lebih lanjut anda dapat mengikuti Tes Bakat Minat di Biro Psikologi dan kemudian berdasarkan hasil tes tersebut meminta saran penjurusan yang sesuai. Demikian saran dari saya. Semoga dapat membantu kamu.

 

Profil

Clara Moningka, S.PSi, M.Si.

Dosen Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya, associate di sejumlah Biro Psikologi, dan memiliki menulis berbagai penelitian mengenai perubahan sosial.

 

Get more QnA URBANITES http://upj.ac.id/static-page/97/urbanites-edisi-4