Kunjungan Prodi Teknik Sipil ke Bendungan Ir H Djuanda dan PLTA Jatiluhur

Program studi Teknik Sipil telah melaksanakan kegiatan Fieldtrip yang diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat 3 pada tanggal 25 April 2019. Kegiatan ini merupakan penunjang kegiatan perkuliahan untuk mata kuliah Pengembangan Sumber Daya Air dan juga sebagai bagian dari program kerja prodi Teknik Sipil. Tujuan diadakannya fieldtrip ke Bendungan Ir H Djuanda dan PLTA Jatiluhur agar mahasiswa Teknik Sipil UPJ memiliki wawasan yang lebih terbuka tentang pengelolaan waduk dan mengetahui perkembangan teknologi PLTA di Indonesia.

Fieldtrip ke Bendungan Ir H Djuanda dan PLTA Jatiluhur memberikan banyak pengetahuan kepada Mahasiswa Teknik Sipil UPJ tentang sejarah dibangunan Bednungan Ir h Djuanda, Pembangunan Waduk, Manfaat Waduk, Pengelolaan Waduk dan masih banyak lagi pengetahuan terkait Pengembangan Sumber Daya Air di Indonesia.

Pada kesempatan ini juga dijelaskan tentang mafaat waduk serbaguna yaitu Penyediaan air untuk irigasi seluas 242.000 ha, Menyediakan air baku DMI, Pembangkit listrik kapasitas 187,5 MW, Pengendalian banjir di karawang dan sekitarnya, Perikanan darat dan Pengembangan pariwisata dan olahraga air. Mahasiswa diberi kesempatan untuk sesi tanya jawab bersama pemateri. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan ilmu yang optimal dari kegiatan Fieldtrip.