INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

FORKAFEST 2019 (Informatika Festival UPJ)

28 April 2019

Informatika sebagai salah satu ilmu yang banyak melahirkan berbagai macam perkembangan teknologi saat ini. Teknologi saat ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun ikut berkembang dan akan selalu berinovasi. Perkembangan tersebut Mulai dari aplikasi ojek online, sistem pembayaran online, dan lainnya.

Melihat hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Pembangunan Jaya (HIMAFORKA UPJ) mengadakan seminar, workshop, pameran, dan lomba bebras yang dikemas dengan sebuah konsep festival yang diberi nama FORKAFEST (Informatika Festival) dengan tema “Informatics Revolution” pada 25-27 April 2019.

Seminar pada acara FORKAFEST 2019 ini mengusung tema “Technology in Industrial Revolution 4.0” yang bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mempelajari mengenai perkembangan teknologi pada saat ini. Seminar ini menghadirkan narasumber, Dr. Iggriani Liem, Ketua NBO Bebras Indonesia & Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia, Setiaji, S.T., M.Si., Ka. Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta, Sidiq Permana Google Developer Expert for Android - Google Indonesia, dan Harlan Purwanto, Founder Youth Development Centre.

Selain seminar, FORKAFEST 2019 juga menggali potensi generasi milenial dalam menjawab kebutuhan era industri 4.0 pada acara Informatics Workshop. Workshop yang akan dilakukan adalah workshop mengenai Mikrokontroler (Robotics) dengan instruktur Bapak Prio Handoko, S.Kom.,M.T.I. dan Programming C++ dengan instrukrur Bapak Wayan Suparta, Ph.D.. di Laboratorium Informatika UPJ.

FORKAFEST 2019 juga menampilkan karya inovasi sistem cerdas dari mahasiswa Informatika, seperti program aplikasi mobile android dan prototipe mikrokontroler, yang diadakan di Aula UPJ. Puncak acara FORKAFEST 2019 dimeriahkan dengan festival musik yang menampilkan Vira Talisa, The Cat Police, Jonkoppings, dan Villa Sebelah. Kemudian dihadiri juga oleh beberapa band featuring yang datang dari berbagai mahasiswa Universitas dan Millenial di wilayah Jakarta dan Tangerang diantaranya Selaras, Redwhale, The Wolf, dan Nadasamsara.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan misi dari program studi Informatika Universitas Pembangunan jaya, yaitu berperan aktif membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah dengan memanfaatkan Teknologi Informatika. Hal tersebut sejalan dengan kegiatan seminar dan workshop yang akan dilaksanakan. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan Universitas Pembangunan Jaya khususnya prodi Informatika dan juga untuk menutup rangkaian kegiatan HIMAFORKA periode 2018-2019.

        â€‹