INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

UPJ berikan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku Usaha.

22 February 2019

Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) bekerja sama dengan kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Pelaku Usaha (UMKM) di sekitar Kelurahan Sawah Baru pada Jumat (22/2), di Aula Kelurahan Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.

Menurut Ibu Fitriyah Nurhidayah, SE., M.Si., ketua pelaksana kegiatan, pelatihan yang dilakukan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Prodi Akuntansi ini merupakan implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan perguruan tinggi dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan manusia terutama masyarakat sekitar UPJ. Mahasiswa yang dilibatkan diharapkan mampu berlatih mengasah keterampilan yang didapatkan di bangku kuliah.

Pada pelatihan ini, Dr. David Pangaribuan SE., M.Si., memberikan paparan mengenai konsep dan pentingnya Akuntansi bagi UMKM dalam mengembangkan usaha. Permasalahan yang sering timbul pada pelaku usaha UMKM adalah masih mencampuradukkan pengeluaran pribadi dan usaha serta belum adanya pencatatan keuangan yang memadai. Hal ini menyebabkan pelaku usaha tidak dapat mengetahui untung dan rugi sebagai hasil kinerja usaha sehingga sulit dalam melakukan evaluasi dan terobosan dalam bisnis. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias dalam berdiskusi mengenai kondisi usaha yang sekarang sedang dijalani.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan praktik penyusunan laporan keuangan yang dipandu oleh dosen akuntansi Ibu Sila Ninin Wisnantiasri dan Ibu Irma Paramita Sofia. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan serangkaian transaksi ekonomi yang kemudian digunakan sebagai data untuk menyusun laporan keuangan. Adapun laporan keuangan yang disusun yaitu laporan posisi keuangan atau yang biasa disebut neraca dan laporan laba rugi.

Setelah kegiatan ini, tentunya pelaku usaha tidak langsung terampil dalam menyusun laporan keuangan untuk usahanya. Tim Prodi Akuntansi akan melakukan pendampingan selama beberapa bulan hingga mereka mampu menyusun laporan keuangan secara mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga lingkungan masyarakat yang berfungsi sebagai laboratorium sosial mendapat manfaat nyata dari pelatihan ini.