Generasi Milenial dan Pilihan Berkarir di Startup Company: Seminar Human Resource di UPJ

Perkembangan startup company di Indonesia menunjukkan kemajuan pesat. Tahun 2018 lalu Indonesia duduk di urutan empat dunia menurut data startup ranking berkat peran unicorn startup yang merambah ke pasar global. Prediksi tahun 2019 adalah perkembangan pesat startup bidang financial technology (fintech), pendidikan, kesehatan juga agrikultur. Hal ini tak bisa dilepaskan dari karakteristik generasi milenial yang memilih berkarir di startup company. “Penting memperhatikan tren ini mengingat tahun 2030 generasi milenial inilah yang menggerakkan bonus demografi Indonesia,” demikian dijelaskan Gita Soerjoatmodjo, Kepala Program Studi Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya. 

Apa peran psikologi? Salah satunya adalah mendukung startup company menyiapkan human resource system yang efektif. Startup company perlu struktur organisasi, pembagian tugas, proses kerja serta standar ukuran kerja yang menggerakkan SDM-nya dengan efisien mengingat sistem kerja dan jumlah tenaga perlu dikelola cermat. 

Oleh karena itu, pada hari Sabtu 2 Februari 2019, Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya menyelenggarakan seminar berjudul Merancang Sistem HR (Human Resources) yang Efektif (Startup Company) bekerjasama dengan PT Fontainne Fonbright Indonesia (Fonbright). Pembicara seminar ini adalah Richard Nitihardja dari Fonbright yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang pengembangan SDM pada perusahaan multinasional termasuk family business - konteks yang sangat relevan untuk startup company, yang banyak berawal dari keluarga dengan aspirasi mendunia. Berbekal psikologi, Richard Nitihardja berkiprah di bidang restrukturisasi organisasi, peningkatan produktivitas kerja, manajemen kinerja terukur, pelatihan dan pengembangan budaya organisasi.

“Yang membedakan SDM di startup company dengan perusahaan lainnya adalah kebutuhan akan SDM yang memiliki fleksibilitas berpikir, mampu menganalisa dan melakukan sintesa atas perbagai temuan yang ada, menunjukkan integritas dan berinisiatif dalam bekerja.” demikian disampaikan Richard Nitihardja.

Peserta pelatihan ini datang dari para praktisi HR - salah satunya adalah Grimaldie Joshua, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya yang saat ini bekerja sebagai praktisi HR di Denny’s Boga “Training ini mencakup diskusi cara dan sistem kerja dalam startup company. Pembahasan kali ini ditekankan pada seputar job description serta tugas dan tanggung jawab tiap orang dalam organisasi tersebut,” demikian disampaikan Grimaldie Joshua.

Kegiatan ini terlaksana berkat keterlibatan dunia akademisi, praktisi industri, sampai mahasiswa dan alumni melalui kemitraan strategis.