INTEGRITY
PROFESSIONALISM
ENTREPRENEURSHIP
Language

Berita Terbaru

Berkarir di Dunia Human Resource (HR)

24 November 2018

Pada hari Sabtu 24 November 2018, Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya menyelenggarakan seminar berjudul Berkarir di Dunia Human Resource (HR) bekerjasama dengan PT Fontainne Fonbright Indonesia. “Isu HR ini selaras dengan jati diri Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya yang lahir dan besar oleh Kelompok Usaha Pembangunan Jaya. Maka penting bagi kami untuk mengibarkan bendera di bidang Psikologi Industri dan Organisasi dan pengelolaan SDM di konteks organisasi dan perusahaan,” demikian Gita Soerjoatmodjo, Kepala Program Studi Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya menjelaskan. 

Bekerja di bidang Human Capital menjadi mimpi generasi milenial. Sektor Human Capital masih jadi sasaran favorit sebagai pilihan tempat kerja, terbukti dari tren magang sebagian besar mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya.  Di sisi lain, masih banyak yang belum paham tentang tugas dan tanggung jawab bidang ini.

“Mengelola manusia memang susah-susah gampang. Mengelola asset fisik jauh lebih praktis, misalnya jika kursi dan meja rusak, maka barang tinggal masuk gudang. Apabila manusia yang ‘tidak terpakai’ tentu tak mungkin masuk gudang. Organisasi perlu mencari cara mengelola modal manusia yang dimiliki dan karyawan juga perlu untuk terus mengembangkan potensi,” jelas Gita Soerjoatmodjo beranalogi.

Mengelola manusia seperti ini perlu keterampilan tersendiri. Hal tersebut dicakup dalam isu yang dibahas dalam seminar ini yaitu Talent Management, Talent Sourcing dan Talent Development. Tema ini cocok bagi mereka yang kini menjabat posisi junior human capital officer guna memahami tugas dan tanggung jawab posisi ini. Konten seminar ini juga mengupas kualifikasi bagi mereka yang berminat bekerja di bidang Human Capital. Dengan demikian, mahasiswa yang aspirasi mengelola SDM dapat mengikuti seminar ini. Mereka yang mengikuti kegiatan ini pun mendapatkan kesempatan untuk melakukan behavior profiling bebas biaya yang berguna untuk pengembangan pribadi dan karir.

Pembicara seminar ini adalah Alia Natakusuma dan Richard Nitihardja. Kedua narasumber memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai praktisi, asesor maupun konsultan di berbagai perusahaan nasional dan multi nasional. “Sebagai HR Consultant, FonBright Indonesia menyadari bahwa terdapat kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri. Hal ini mengakibatkan fresh graduate yang ada belum memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh industri. Bersama dengan UPJ, FonBright Indonesia mengadakan seri seminar dan pelatihan untuk menjembatani kesenjangan tersebut dengan harapan dapat menstimulasi fresh graduate agar siap kerja dan memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan industri,” demikian disampaikan Richard Nitihardja dan Alia Natakusuma.

Kegiatan ini merupakan sinergi dunia akademisi dengan praktisi industri, melibatkan pakar, praktisi sampai mahasiswa melalui kemitraan strategis. Seminar seri HR ini mendatang dijadwalkan Sabtu 8 Desember 2018 dan kembali terbuka untuk umum.